Apa itu Black Friday?

Apakah anda pernah mendengar kata black friday , apakah ini artinya jum’at hitam ? ow bukan tentunya . Hari tersebut sangatlah di tunggu karena orang akan berbelanja apapun barangnya dan sebanyak mungkin nama Black Friday ini berasal dari kota Philadelphia, dimana awalnya istilah Black Friday ini digunakan untuk menggambarkan betapa ramai dan mengganggunya para pejalan kaki dan kendaraan bagi lalu lintas , hal ini dimaksudkan karena Black Friday ini identik dengan diskon, belanja dan pesta, pesta diskon . pada hari itu semua toko akan memberikan diskon besar-besaran dari 20% ,50% hingga sampai 80% kesempatan ini tentu tidak di lewatkan bagi semua orang untuk berbelanja kebutuhan yang di perlukan.

Black Friday adalah hari setelah perayaan Thanksgiving dan ini biasanya merupakan awal dari musim belanja Hari Natal di USA. Selain popular di USA, Black Friday juga berlangsung di Kanada dan Australia. Pada hari itu banyak toko yang membuka tokonya lebih awal misalnya pada jam 4 pagi atau bahkan bisa lebih awal lagi. Karena itu banyak orang yang rela antri dan menunggu di luar toko sepanjang malam dalam suhu yg sangat dingin. Terkadang juga ada yg sampai mendirikan tenda di luar toko. Mereka rela melakukan itu semua agar mereka bisa menjadi yang pertama memasuki toko dan membeli barang yg mereka inginkan dengan harga yg sangat rendah. Pada saat toko dibuka mereka akan berdesak-desakan dan berebutan untuk menjadi yang pertama memasuki pintu toko.

Sebenarnya  Black Friday ini bukanlah hari libur, namun dari pihak perusahaan biasanya meliburkan karyawan-karyawanya , ini tentunya agar meningkatkan pembeli pada hari tersebut.Black Friday ini sekarang sudah menjadi kegiatan rutin yang di lakukan masyarakat di sana sebagai hari yang supersibuk untuk berbelanja.

Namun seiring perkembangan teknologi dan social media saat ini membuat orang lebih cenderung berbelanja online ketimbang harus antri ber jam jam hanya untuk belanja, lenih hemat waktu dan biaya tentunya.

Lalu kapan hari jatuhnya Black Friday ? Hari  Thanksgiving jatuh pada Kamis keempat di bulan November di Amerika Serikat, sehari setelah terjadi antara 23 dan 29 November. Karena Black Friday adalah sehari setelah Thanksgiving, maka tanggal Black Friday adalah diantara tanggal tersebut, 23-29 November. Seperti pada tahun 2011 ini, Thanksgiving jatuh pada tanggal pada 24 November, maka Black Friday adalah tanggal 25 November.
Sudahkah anda menyiapkan dana untuk Black Friday