Mengenal lebih dekat batik Madura

Pengalaman pribadi saya saat di luar negeri kalo denger saya berasal dari Indonesia pasti mereka bilang oleh-oleh khasnya batik yang unik dan corak yang beragam. Batik memang tidak berasal dari suatu wilayah saja di Indonesia tapi hampir tersebar di Pulau Jawa dan Madura juga. Nah kali ini saya ingin sedikit memberikan informasi mengenai Batik Madura.

Tahukah anda bahwa corak batik madura terpengaruh dari budaya Cina ? sehingga dalam motifnya sering memakai warna-warna mencolok atau cerah, terutama warna merah dan kuning yang merupakan ciri khas warna pakaian orang Tionghoa. Selain kedua warna tersebut ada juga warna hijau,orange,ungu dan beragam warna lain seiring dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar. Setiap warna dalam corak Batik Madura memiliki arti tersendiri lo, misalnya merah melambangkan karakter masyarakat Madura yang kuat dan keras, hijau melambangkan warna religi dimana beberapa Kerajaan Islam berdiri dan berkembang di Madura, Kuning melambangkan bulir-bulir padi pertanian penduduknya. Batik Madura juga memiliki perbendaharaan motif yang beragam. Misalnya, pucuk tombak, belah ketupat, dan rajut. Bahkan, ada sejumlah motif mengangkat aneka flora dan fauna yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.
Teknik pewarnaan Batik Madura dilakukan secara khusus yaitu melalui proses perendaman yang memakan waktu selama enam bulan. Jadi meski terlihat kasar, namun batik Madura tidak murahan. Bayangkan, harga di tingkat perajin saja bisa mencapai jutaan rupiah per helai. Keistimewaan lain dari batik ini, semakin lama warnanya terlihat semakin cerah.

Saat ini Batik Madura memiliki pangsa pasar yang cukup besar karena warnanya yang mencolok sehingga lebih digemari dan bisa dipakai oleh remaja,anak-anak maupun dewasa. Saya sendiri menyukai beberapa motif dan warna Batik Madura seperti merah dan hijau lebih berkesan modern dan bisa dibikin model baju yang antimainstream seperti dibikin Hanbok Batik, secara tidak langsung membuat nilai batik semakin dikenal dunia dengan menggabungkan konsep 2 budaya negara yaitu Indonesia dan Korea.

Penasaran seperti apa sih jika Batik digunakan sebagai bahan untuk model Hanbok? nah bisa langsung scroll di website ya.