Mukbang tren ataukah penyakit psikis ??

Mukbang adalah bahasa korea yang berasal dari kata muk-ja yaitu makan dan bang song yaitu siaran, jadi Mukbang adalah siaran makan, seseorang yang menayangkan diri mereka secara online ketika sedang makan dan biasanya dalam jumlah porsi besar dan kebanyakan dilakukan oleh wanita lo.dan ditonton oleh ribuan netizen adalah salah satu tradisi unik yang berkembang di Korea. Lalu bagaimana cara mukbang bekerja ??, Yuk kita telusuri satu persatu.

Para bintang yang menampilkan diri mereka disebut sebagai broadcast jockey atau BJ. Tampil di depan kamera sambil makan ternyata jadi mata pencaharian unik yang didapat  dari stiker balon-balon bintang atau star balloons yang masing-masing berharga 0.10 Dollar AS atau setara 1.400 rupiah. kalau dihitung terlihat sedikit ya, tapi coba bayangkan begitu ribuan penonton mengirimkan stiker, itu bisa jadi uang yang banyak.keren ya!

Tapi tahukah anda dibalik tradisi mukbang yang sedang menjadi tren di Korea tersimpan sisi kelam para pelakunya. Pengobat kesepian para lajang atau pasangan yang telah berpisah. Begitulah pernyataan dari kritikus budaya Asia-Amerika dan Senior Vice President The Futures Company, sebuah lembaga penelitian global, dari Korea Selatan, Jeff Yang, saat menjelaskan fenomena mukbang yang tren pada tahun 2009-2010. Di luar itu, mukbang juga mewakili aspek sosial dari tradisi makan di Korea Selatan, di mana orang selalu makan bersama sambil bercakap-cakap.

BJ Mukbang , sumber kompasiana

 

Namun dalam jangka panjang, faktor muatan emosional, seperti rasa kesepian, bisa jadi melatari aktivitas mukbang ini. Tak jarang mukbang show pada akhirnya menggiring seseorang pada binge eating, atau perilaku mengonsumsi makanan secara berlebihan tanpa bisa mengontrol atau menghentikannya. Mereka akan terus makan, walau sudah merasa kenyang, sehingga berisiko overweight atau kelebihan berat badan. Mereka akan merasa bersalah, tapi tidak melakukan tindakan apa pun untuk mencegah kelebihan bobotnya.

“Tidak semua pelaku binge eating mengalami kelebihan berat badan. Ada pula pelaku mukbang yang rajin berolahraga untuk membuat badannya tetap tampil sixpack karena faktor itulah yang terkadang dicari oleh netizen selain makan itu sendiri, mereka akan lebih tertarik dengan BJ yang cantik atau tampan dan memiliki tubuh yang proporsional walaupun banyak makan. Wah sepertinya idaman setiap wanita di dunia ya.

Oleh sebab itu, tren mukbang ini, apabila disikapi dengan cara yang salah, akan sangat membahayakan kesehatan. Apalagi jika jenis makanan yang dikonsumsi adalah jenis fast food, seperti pizzaburger, ayam goreng, mi instan, donat, dan cokelat, yang sayangnya menjadi pilihan jenis makanan yang banyak dikonsumsi dalam aksi mukbang.