Tahukah anda cara menghitung umur di korea?

Perhitungan umur di korea

Perhitungan umur adalah hal yang penting bagi masyarakat Korea, hal ini bisa membedakan status dalam sebuah hubungan, dapat membedakan mana pihak yang lebih tinggi dibanding yang lain.

Selain itu, masyarakat Korea juga punya perhitungan yang unik terkait umur yaitu:

1. Masyarakat korea biasa menggunakan konsep ‘awal tahun’ (early year), maksudnya jika kamu lahir pada bulan-bulan awal seperti Februari 1989 kamu akan dianggap berada dikelompok umur yang sama dengan mereka yang lahir pada tahun 1988 dan secara otomatis memiliki umur yang lebih tua dibanding teman-teman kamu yang lahir di bulan-bulan berikutnya pada tahun 1989. Misalkan, kamu lahir pada bulan Februari 1989 dan teman kamu lahir pada bulan November 1989, maka otomatis kamu memiliki umur setahun lebih tua dibanding teman kamu, meskipun kamu dan teman kamu lahir dalam kurun waktu yang sama. Hal ini biasanya berpengaruh kepada kapan mereka akan mulai sekolah dan perbedaan tingkat junior atau senior. Dua orang yang lahir di tahun yang sama bisa saja menjadi senior atau junior bila merujuk kepada perhitungan ‘awal tahun’ tersebut.

image

2. Konsep yang kedua adalah konsep dimana mereka menghitung masa kehamilan (ketika bayi masih didalam rahim) sebagai satu tahun umur. Contohnya, seorang anak yang lahir pada tanggal 31 Desember 2013 akan berusia genap 2 Tahun pada tanggal 1 januari 2014. Hal ini disebabkan karena mereka menghitung masa kehamilan didalam perut sebagai satu tahun umur, dan menghitung waktu pergantian tahun sebagai satu tahun penuh. dengan kata lain, satu hari dihitung satu tahun penuh.

Ajaib bukan?