Tips berbagai macam makanan untuk membuat kita lebih bersemangat

Suasana hati atau mood memang sangat mudah mengalami naik-turun. Biasa nya di saat pagi hari kita sangat membutuhkan semangat untuk melakukan aktifitas hingga malam namun terkadang saat terbangun tidak ada semangat dan cenderung mudah marah , nah mungkin beberapa alternatif makanan pembangkit mood booster anda bisa bermanfaat

1. Salmon
Makanan yang kaya akan omega 3 memang dikenal sebagai makanan yang baik untuk meningkatkan suasana hati, salah satunya ikan laut yang satu ini, Salmon! Kandungan omega 3 di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Lemak tak jenuh ini juga memperkuat sel-sel tubuh yang memproduksi hormon peningkat suasana hati seperti hormon endorfin.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, kacang kedelai, kenari, kacang tanah dan jenis kacang lainnya juga sangat cocok untuk memperbaiki mood anda. Tidak hanya dapat mengatur suasana hati karena mengandung karbohidrat yang lambat dicerna oleh tubuh, kacang-kacangan juga tinggi akan omega 3 yang membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke bagian otak.

3. Kopi
Mood anda lagi naik-turun sampai-sampai nggak bisa konsen kerja? Mending anda langsung menyeruput segelas kopi hitam. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health membuktikan bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki kemungkinan yang lebih kecil mengalami depresi dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal ini karena antioksidan dan kafein yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan mood serta merangsang otak dan tubuh anda untuk lebih bersemangat.

4. Coklat
Siapa sih yang nggak suka sama cemilan yang satu ini? Yup, selain rasanya yang manis dan enak, coklat juga banyak disukai karena dipercaya bisa meningkatkan suasana hati orang yang memakannya. Pasti anda penasaran kan, kok setelah makan coklat, mood kita langsung berubah menjadi baik? Hal itu karena coklat mengandung tryptophan yang mampu meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat menciptakan rasa senang dan menurunkan produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab utama terjadinya stres.

5. Teh hijau
Secangkir teh hijau di pagi hari pastinya akan membuat suasana hati dan harimu jadi lebih cerah. Kandungan antioksidan theanine si dalamnya mampu merangsang produksi hormon serotonin dan dopamine yang berfungsi sebagai hormon pencegah stres. Selain ampuh meningkatkan mood, teh hijau ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Minum teh di pagi hari akan menurunkan keinginan anda mengkonsumsi makanan manis saat makan siang.

6. Es krim
Suka makan es krim, bahkan hampir setiap hari anda tidak pernah melewatkan makanan dingin yang satu ini? Wahh pantesan aja anda jarang badmood. Sama halnya dengan coklat, es krim juga mengandung banyak asam amino typtophan yang dapat menenangkan otak dan meminimalisir terjadinya stres.

7. Telur
Telur terutama bagian kuningnya sangat kaya akan vitamin D dan juga Kolin. Vitamin D sendiri sudah terbukti dapat merangsang produksi serotonin dalam otak yang mampu mengatasi mood yang sering naik turun. Sedangkan Kolin memiliki sejumlah fungsi penting untuk otak, salah satunya mengoptimalkan membran sel dan neutransmisi.

8. Alpukat
Tidak hanya baik untuk anda yang sedang menjalani program diet, buah yang kaya akan lemak baik ini juga mampu mengurangi stres dan membuat kamu yang memakannya jadi lebih bahagia. Kok bisa yah? Hal ini karena alpukat kaya akan asam folat yang berfungsi memperlancarkan proses metabolisme dan meningkatkan energi.

9. Rumput laut
Mungkin anda nggak pernah mengira bahwa bahan yang biasa menjadi pelengkap makanan Jepang seperti sushi ini juga bisa membangkitkan mood kamu. Karena selain berfungsi untuk mengoptimalkan kerja kelenjar tiroid, ternyata kandungan yodium dan mineralnya yang sangat tinggi juga meningkatkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

10. Roti gandum
Roti gandum bisa jadi menu sarapan yang paling tempat untuk membuat mood anda jadi berseri-seri sepanjang hari. Yup, roti gandum mengandung karbohidrat rendah glycaemic yang berperan sebagai pengatur kadar glukosa dalam darah. Kadar glukosa dalam darah yang seimbang ini pada akhirnya juga dapat meningkatkan energi dan menjadi suasana hati agar tetap baik. Selain itu, gandum utuh pada roti gandung juga dapat meningkatkan aliran darah yang membantu mengalirkan oksigen ke otak secara maksimal.

Jadi saat lagi bad mood,anda nggak perlu lagi marah sana-sini yah. Langsung atasi dengan 10 makanan di atas 😀