Tips mengatasi ketombe dan rambut rontok untuk muslimah berhijab

Salammualaikum
Ketombe dan rambut rontoh sebenarnya masalah yang sering dihadapi muslimah berhijab dikarenakan rambut kirang perawatan bahkan cenderung asal2 an ya. Saya pun mengalami hal yang sama ketombe dan rambut rontok setiap kali keramas dan menyisir rambut. Salah satu cara yang saya lakukan adalah creambath sendiri di rumah minimal 2 kali sebulan , nah disini ternyata ada beberapa alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok lo. jadi anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi ketombe yang mudah dengan menggunakan berbagai bahan unik yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita. Untuk itu, simak ulasan mengenai bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe sebagai berikut. (dirangkum dari aylacream.com)

image

1. Baking Soda

Baking soda dirasa ampuh untuk mengatasi ketombe. Caranya, basuh rambut terlebih dahulu menggunakan air, kemudian oleskan baking soda secukupnya pada rambut dan kulit kepala. Usap dengan lembut sambil sesekali dipijat. Diamkan sejenak, bilas dengan air tanpa menggunakan shampo. Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pengganti shampo. Namun, sebaiknya penggunaan baking soda hanya dilakukan selama masa pengobatan ketombe.

2. Obat kumur

Obat kumur adalah salah satu bahan yang mudah dan sering kita jumpai. Selain mampu menyegarkan nafas, obat kumur juga efektif untuk menghilangkan ketombe karena mampu mengilangkan jamur dan bakteri yang ada di kulit kepala. Caranya, cuci rambut terlebih dahulu menggunakan shampo, bilas dengan air. Pada bilasan terakhir, gunakan obat kumur.

3. Aspirin

Untuk menggunakan aspirin sebagai bahan penghilang ketombe, cukup dengan menghancurkan 2 tablet aspirin hingga halus. Campurkan serbuk aspirin bersama shampo. Gunakan untuk kramas dan diamkan selama 1 hingga 2 menit lalu bilas hingga bersih.

Bagaimana? Mudah bukan? Cara mengatasi ketombe diatas dinilai ampuh untuk menyingkirkan ketombe yang membandel terutama pada kebanyakan wanita berjilbab yang sering mengeluhkan sulitnya mengatasi ketombe.

Selain itu, faktor penting yang harus dilakukan demi menjaga rambut dan kulit kepala dari ketombe adalah dengan selalu menjaga kebersihan rambut serta usahakan untuk memakai jilbab dalam keadaan rambut kering atau jangan mengenakan jilbab ketika rambut masih basah. Karena, mengenakan jilbab ketika rambut masih basah dapat memicu timbulnya ketombe. Dan 1 hal lagi jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut ya karena malah akan membuat rambut anda kering dan rontok. Serta gunakan bahan jilbab yang ringan seperti sifon atau yang menyerap keringat seperti jersey sehingga pori kulit kepala pun masih mendapatkan oksigen.Sekian info dari saya semoga bermanfaat.