Tips merawat Khimar berbahan ceruti

Saat ini Khimar syari sudah banyak yang menjual dengan berbagai macam model dan bahan. Mulai dari bahan satin, wolly, ceruti, jersey dan lain-lain. Saya sendiri lebih menyukai khimar berbahan ceruti dari jenis ceruti babydoll, ceruti diamond italiano tau ceruti lurex (bahan ceruti dengan taburan glitter yang gak mencolok), karena bahan ceruti ringan dipakai nya , gak bikin kepala pusing atau berat. Nah sudahkah anda tau bahwa khimar berbahan ceruti sebaiknya tidak dicuci dalam mesin cuci otomatis?? bagi yang sudah tau bersyukurlah karena itu artinya anda sangat telaten dan sangat pintar merawat khimar agar lebih awet dipakainya. Bagi yang belum tau yuk simak info berikut bagaiman cara merawat Khimar berbahan ceruti ?

  1. Jika hendak menggunakan bros , maka sebaiknya pastikan jarum pada bros tidak tumpul atau berkarat. Mengapa ? karena jarum yang tumpul berakibat merusak tekstur bahan ceruti itu sendiri yang akibatnya benang-benang keluar gak karuan atau bahkan lubang bekas jarum tumpul, dan jika jarumnya berkarat maka karatnya akan menempel pada bahan ceruti dan sulit untuk dihilangkan. Jadi sebaiknya pastikan brosnya dalam kondisi baik dan layak pakai ya Sahabat.
  2. Jangan pernah melipat khimar sehabis di setrika atau sehabis dipakai, hal ini karen ceruti merupakan bahan yang mudah kusut sehingga jika dilipat akan meninggalkan bekas lipatan yang membuat kita harus menyetrika lagi , capek kan hehehe, selain itu karena tekstur kain ceruti memiliki rongga maka sebaiknya di hanger atau digantung agar aliran udara nya baik , jika dilipat di khawatirkan membuat khimar berbau kurang sedap .
  3. Cuci Khimar dengan tangan dan sedikit detergen, kalo bisa gunakan detergen yang lembut ya karena jika di mesin cuci dikhawatirkan akan merusak tekstur bahan(menjadi melar atau bahkan robek) dan juga di khawatirkan luntur atau mudah terkena lunturan pakaian lain.
  4. Nah buat yang jarang mencuci khimar mulai sekarang rubah kebiasaanmu, jika khimarmu berbahan ceruti maka segera cuci ketika setelah dipakai jangan disimpan di lemari, karena khimar ceruti ini menyerap keringat jika tidak langsung dicuci akan menimbulkan bercak noda keringat pada khimar dan berbau tidak sedap, akibatnya khimarmu tidak bertahan lama karena warna nya yang kusam.
  5. Jangan jemur khimar langsung di bawah sinar matahari, hal ini agar khimar tidak mudah pudar warnanya serta tidak berbau matahari.
  6. Saat khimar terkena noda jangan langsung buru-buru membersihkan dengan kain atau tisue, untuk noda minyak sebaiknya taburkan bedak di atas noda lalu usap perlahan dan cuci dengan tangan , jika terkena permen karet (well saya gak doyan hehehe), gosok dengan es batu secara perlahan ya agar tidak merusak serat kain nya, nah nanti setelah permen karet menjadi kaku dan keras segera cabut dari kain secara perlahan , jika terkena noda yang sulit dihilangkan seperti darah atau keringat sebaiknya gunakan sabun mandi cair kucek perlahan lalu rendam kurang lebih selama 30 menit dan langsung bilas dengan air normal ya
  7. Saat setrika khimar berbahan ceruti sebaiknya lapisi lagi dengan kain agar tidak langsung terkena suhu panas setrika , saya sering nih kejadian pas mau setrika khimar ternyata setrikanya terlalu panas akibatnya khimar kesayangan saya bolong deh,, sayang banget kan.

Nah itu beberapa tips merawat khimar berbahan ceruti dari pengalaman saya pribadi, butuh ketelatenan memang tapi gak ada salahnya kan kita berusaha merawat khimar supaya lebih awet dan ujung-ujungnya kita juga bisa lebih hemat lo.